single-image

Hari 3. Pasar St. George & Museum Transportasi & Rakyat Ulster Belfast

Fotografer Surabaya Wedding dan Fashion

Kami terbangun di pagi yang cerah dan setelah memulai hari dengan bircher muesli favorit saya, buah segar dan kue kering di Hotel Harrison yang indah kami segera siap untuk berjalan ke pusat kota.

Sarapan di The Harrison Hotel, Belfast
Makan pagi di hotel

Belfast adalah kota pejalan kaki yang bagus karena relatif datar dan cukup padat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai Balai Kota dari Queen’s Quarter tetapi bus terus melewati Malone Road hanya membutuhkan beberapa menit jika Anda memilih untuk tidak berjalan.

Gedung Lanyon, Universitas Queen Belfast

Gedung Lanyon Queen’s University tampak indah di bawah sinar matahari pagi saat kami melewati rute yang sekarang kami kenal ke pusat kota. Saat itu hari Sabtu pagi dan kami memutuskan untuk memulai hari dengan berbelanja di sepanjang Donegall Place yang pejalan kaki.

Arsitektur yang indah di pusat kota Belfast

Sepanjang jalan yang luas ini kami menemukan nama-nama jalan raya yang biasa dan Queen’s Arcade yang indah yang mengarah ke Fountain Street. Arkade bergaya Victoria ini adalah permata mutlak yang menciptakan pengalaman berbelanja mewah dengan toko-toko kecil kelas atas dan independennya.

Pintu Masuk Queen's Arcade, Belfast
Queen’s Arcade, Belfast
Queen's Arcade, Belfast

Dari sana, kami melihat-lihat di Victoria Square, pusat perbelanjaan dan rekreasi utama Belfast yang merupakan rumah bagi desainer dan merek-merek mewah, fashion dan kecantikan. Bagian tengahnya dibanjiri cahaya alami dan memiliki kubah kaca besar di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan panorama kota. Sayangnya teras pengamatan ini tidak dapat diakses karena pandemi tetapi itu adalah tempat yang dapat kami jelajahi untuk kunjungan mendatang ke kota.

Victoria Square, Belfast

Meninggalkan pusat perbelanjaan, kami mengagumi Jaffe Fountain kuning cerah yang berdiri di luar pintu masuknya. Air mancur yang indah ini mulai hidup di sini pada tahun 1870-an, tetapi kemudian dipindahkan ke Kebun Raya. Setelah pusat perbelanjaan baru selesai dibangun, diputuskan untuk mengembalikannya ke posisi semula sehingga lebih banyak orang yang dapat menikmati melihatnya.

Air Mancur Jaffe, Belfast

Dalam perjalanan ke Pasar St. George, kami berhenti untuk melihat Jam Memorial Albert yang telah mendominasi Alun-Alun Ratu sejak 1869. Ini jawaban Belfast untuk Menara Miring Pisa, dengan kemiringannya yang disebabkan oleh konstruksi di bawah standar pada tanah reklamasi dari sungai . Dibangun dengan gaya Gotik, tingginya 141 kaki (43m).

Jam Memorial Albert, Belfast

Pasar St. George yang memenangkan penghargaan di East Bridge Street buka pada akhir pekan (Jumat-Minggu) dengan banyak kios yang melayani penduduk lokal dan turis. Bangunan pasar bata merah bergaya Victoria yang sekarang dibangun pada tahun 1890-an. Ini adalah aula pasar yang menawan yang menjual segala sesuatu mulai dari ikan yang baru ditangkap dan barang antik hingga produk segar, kerajinan tangan, buku, lilin, dan wiski Irlandia.

Pasar St. George, Belfast

Jangan lewatkan melihat jam pasar yang luar biasa dengan bobot, roda, rantai, dan belnya yang terlihat melalui kotak kacanya. Jam itu diproduksi pada tahun 1822 tetapi telah hilang selama bertahun-tahun. Itu akhirnya ditemukan di gudang bawah tanah Balai Kota dan setelah dengan susah payah diperbaiki dan dipulihkan dengan bangga ditempatkan di salah satu dinding aula pasar.

Jam Aula Pasar St. George, Belfast
Jam Aula Pasar St. George
Pasar St. George, Belfast

Ada banyak kedai makanan jalanan yang menggoda dan kami tidak dapat menahan diri untuk mencicipi salah satu baps Belfast yang legendaris (roti gulung besar yang diisi dengan telur, bacon, sosis, dan banyak lagi pilihan Anda). Mereka sangat besar sehingga kami benar-benar berbagi satu dan saya harus mengatakan itu sangat enak. Biasanya ada musik live, jadi pasar adalah tempat yang tepat untuk menikmati suasana, berbelanja, dan makan.

Warung jajanan pinggir jalan, St George's Market Belfast
Warung makanan jalanan tempat kami membeli makan siang

Hanya lima menit berjalan kaki dari aula pasar terdapat Stasiun Lanyon Place Belfast, jadi kami berangkat ke sana untuk naik kereta ke Cultra, 11 km di timur Belfast. Tiket pulang pergi standar standar hanya seharga £ 3,80 untuk perjalanan 20 menit. Saat kami membeli tiket, petugas memberi tahu kami bahwa kereta berikutnya akan berangkat dalam dua menit, jadi kami bergegas ke peron tepat pada saat kereta mendekat.

Cultra Station, Irlandia Utara
Stasiun Cultra

Cultra adalah rumah bagi Transportasi Ulster dan Museum Rakyat yang ditandai dengan jelas dari stasiun. Karena terdekat, kami memutuskan untuk melihat-lihat di Museum Transportasi Ulster terlebih dahulu. Tiket masuk gabungan ke kedua museum adalah £ 11.

Kereta api dipamerkan di Museum Transportasi Ulster
Kereta api dipajang di museum

Saya sangat menikmati mengunjungi museum transportasi dan koleksi yang luas di Belfast sangat menyenangkan karena berisi koleksi kereta api terbesar di Irlandia. Ada lokomotif uap, gerbong penumpang, dan koleksi memorabilia kereta api yang lengkap.

Trem yang dipamerkan di Museum Transportasi Ulster
Trem dipajang di museum

Galeri angkutan jalan raya menawarkan banyak koleksi kendaraan mulai dari sepeda dan sepeda motor hingga trem, bus, dan mobil. Galeri trem dilapisi dengan bagian depan toko yang otentik dan jalan berbatu yang menciptakan perasaan nostalgia. Salah satu trem yang dipamerkan ditarik kuda dan trem bertingkat Victoria lainnya memiliki tujuan Malone Road yang ditampilkan di atas taksi yang menyenangkan untuk dilihat karena ini adalah jalan di mana hotel kami berada.

Kereta yang dipamerkan di Museum Transportasi Ulster
Beragam kereta dipajang di museum

Bahkan ada pameran Titanic yang mendokumentasikan konstruksi, pelayaran, dan akhirnya tenggelamnya kapal naas itu. Kapal telah lama dikaitkan dengan Irlandia Utara karena dibangun di galangan kapal Harland and Wolff hanya beberapa mil jauhnya.

Ballycultra, pintu masuk ke Museum Rakyat Ulster

Museum ini terletak di taman dengan beberapa pameran yang ditampilkan di halaman. Kemudian sepuluh menit berjalan kaki ke Museum Rakyat Ulster yang terletak di tengah perbukitan pedesaan Antrim.

Gereja Ulster Folk Museum dan desa hijau
Gereja desa dan hijau di museum

Museum ini berpusat di sekitar kota kecil Ulster bernama Ballycultra di mana banyak bangunan dan rumah telah dipindahkan dari berbagai bagian Irlandia dan dibangun kembali di halaman museum bata demi bata.

Demonstrasi di bengkel, Museum Rakyat Ulster
Demonstrasi di bengkel pandai besi

Ada dua pertanian, banyak pondok, toko, bengkel pandai besi, bank dan gereja. Dimungkinkan untuk masuk ke dalam banyak bangunan tempat pengunjung dapat menyaksikan kegiatan yang sedang berlangsung seperti pencetakan, demonstrasi kerajinan dan menjahit oleh staf museum yang mengenakan kostum tradisional.

Kantor Pos Museum Rakyat Ulster
Kantor Pos museum

Kami menghabiskan beberapa jam melihat-lihat Museum Rakyat tetapi bisa dengan senang hati menghabiskan lebih lama berkeliaran karena ada begitu banyak hal menarik untuk dilihat dan dilakukan. Sebelum berangkat, kami menemukan waktu untuk berhenti untuk minum teh di ruang teh bergaya Victoria yang indah, yang berdekatan dengan bioskop tua.

Ballycultra Tearoom, Museum Rakyat Ulster

Setelah kembali ke hotel sore hari dengan kereta api kami istirahat sejenak sebelum keluar untuk makan malam ke The Shed Bistro di Ormeau Road. Restoran itu tampak begitu mengundang di senja hari sehingga saya tahu kami berada di malam yang indah bahkan sebelum kami melangkah melewati pintunya.

Shed Bistro, Belfast

The Shed Bistro memiliki dapur terbuka dan menawarkan santapan kasual yang terbaik bersama dengan layanan yang ramah. Kami memilih dari menu Dine Out yang tersedia Kamis-Sabtu antara 12.00 dan 6.45 pm Ini adalah nilai yang sangat baik dengan permulaan di £ 5 dan daya £ 13. Baik pemula kami dari kerang dengan chorizo ​​dan char siu babi dengan salsa nanas sangat baik dan disajikan dengan indah.

Permulaan, Shed Bistro, Belfast
Permulaan kami di Shed Bistro

Untuk makanan utama, saya memilih crostini besi datar 6 ons yang lezat dengan kentang goreng dan saus lada sementara di seberang meja, anak saya berada di surga ketujuh dengan burger Glenarm Shorthorn, acar kayu apel asap, dan keripik tebal. The Shed adalah restoran lingkungan kecil yang bagus dan hanya berjalan kaki singkat atau naik taksi cepat dari pusat kota. Itu memenangkan penghargaan Northern Ireland Bistro dan Casual Dining of the Year pada tahun 2019 yang atas bukti kunjungan kami, keduanya sangat pantas.

Shed Bistro, Belfast

Kami kemudian berjalan kembali ke hotel kami setelah hari yang sibuk menikmati diri kami sendiri di Belfast.